Yayasan Pembaharuan Indonesia berdiri pada tanggal 02 Agustus 1980, dengan semangat mendukung program pemerintah dalam bidang pendidikan, maka dibentuklah sebuah lembaga pendidikan kejuruan berbasis manajemen. Seiring dengan perkembangan kebutuhan sumber daya manusia di bidang otomotif, maka sekolah kejuruan tersebut bermetamorfosis menjadi kejuruan teknik otomotif kendaraan ringan guna memenuhi kebutuhan teknisi otomotif nasional.

Pada kepengurusan ini, sekolah mendapatkan support penuh dari pemerintah terbukti dengan adanya bantuan pemerintah berupa peralatan teknik otomotif lengkap guna menujang sarana praktek siswa.

Pada tanggal 18 Agustus 2015, Yayasan Pembaharuan Indonesia berganti kepengurusan dengan masih mengusung semangat memajukan pendidikan nasional. Pada tanggal 16 Oktober 2020, Yayasan Pembaharuan Indonesia kembali berbenah menuju perubahan positif dengan peralihan pengelolaan yayasan kepada pengurus baru yang mempunyai semangat baru yang lebih visioner, dengan memberikan suasana baru yang lebih segar.

Kepengurusan baru ini memulai dengan sebuah gebrakan yang tidak tanggung tanggung yaitu dengan menggandeng lembaga kejuruan besar di Indonesia yaitu Jogja Flight Indonesia.

Jogja Flight Indonesia telah berpengalaman sebagai penyelenggaran pendidikan keahlian di bidang penerbangan, dan telah mendapatkan ijin operasional dari Kementerian Perhubungan RI., dan telah berhasil mencetak tenaga tenaga terampil di bidang penerbangan yang terserap diberbagai maskapai dan bandara di seluruh Indonesia.

Lisensi Keahlian dari Kementerian Perhubungan RI yang diselenggarakan adalah :

  1. Aviation Security (personel keamanan penerbangan)
  2. Dangerous Goods (personel penanganan barang berbahaya pada pesawat udara)
  3. Aircraft Marshaller (pemandu parkir pesawat udara)
  4. Ground Support Equipment (kendaraan darat pendukung pesawat udara)

Oleh karena itu SMK Pembaharuan Indonesia bermutasi dengan brand baru yaitu dengan brand SMK Pembaharuan “Jogja Fllight” Indonesia, dengan program keahlian unggulan yaitu:

  1. Airport & Airlines Administration (Administrasi Penerbangan)
  2. Technical Ground Support Equipment (Teknik Kendaraan Darat Pendukung Pesawat Udara)

Kami bekerjasama dengan perusahaan groundhandling dan penyelenggara bandar udara di beberapa Bandara besar di Indonesia, serta  menggandeng teknisi-teknisi handal termasuk bekerjasama dengan bengkel-bengkel kendaraan profesional dan perbaikan kendaraan  darat pendukung pesawat udara, guna mensupport kebutuhan sdm yang siap kerja.

Setiap siswa akan diberikan tambahan lisensi personel penerbangan dari Kementerian Perhubungan RI, dengan bekal lisensi tersebut, alumni SMK Pembaharuan Indonesia diharapkan mampu bersaing di dunia kerja khususnya di dunia penerbangan sebagai teknisi  ataupun operator kendaraan darat pendukung pesawat udara, cargo dan logistik staf, personel keamanan penerbangan, perusahaan pelayanan wisata domestik dan mancanegara, perhotelan dalam dan luar negeri.